MEMANFAATKAN UBIN PERPUSTAKAAN UNTUK BELAJAR SUMBU SIMETRI PUTAR


Pekalongan, Jawa Tengah – Kelas 5 MI Gondang Wonopringgo hari ini Ahad 10 April 2016 sedikit berbeda, kegiatan KBM tidak seperti biasanya di dalam kelas saja, setelah salam dan mengabsen siswa, dengan penuh semangat dan rasa penasaran siswa diajak Pak Izurohman, S.Pd.SD salah satu guru Fasda PAKEM menuju ke ruang perpustakaan.

Siswa  antusias  memperhatikan  alat-alat  yang ditunjukkan      guru,     siswa      bersama-sama membaca  tujuan   pembelajaran   yang  tertulis besar  pada  Slide  dan  guru  sedikit  memberi penjelasan tentang materi yang akan dipelajari, selanjutnya  guru  meminta  bantuan  beberapa siswa yang bersedia untuk memperagakan.

Pertama siswa diminta menentukan titik pusat dengan mengambil posisi ubin di tengah-tengah ruang perpustakaan. Kedua siswa diminta meletakkan bangun datar (A) di tempat mana saja yang mereka iginkan. Ketiga siswa diminta untuk meletakkan penggaris busur besar dengan titik  pusat  penggaris  busur  tepat  di atas  titik  pusat  yang ditentukan siswa pada langkah pertama. Keempat tarik  tali rangkap dua dari titik pusat yang ditahan dengan paku ditarik sampai  salah  satu  sudut  bangun  datar  yang  tadi  sudah diletakkan pada langkah dua. Kelima putar penggaris busur supaya posisi 00 lurus dengan tali. Keenam geser salah satu tali sampai besar derajat sesuai  dengan soal yang diminta guru. Ketujuh letakkan bangun datar kedua (B) yang sama dan        sebangun         pada        posisi        yang baru ditentukan. Kedelapan ukur dengan tali jarak sudut bangun datar satu persatu supaya jarak sudut bangun datar A sama dengan sudut bangun datar B. Jika pengukuran besar sudut dan jarak bangun datar A dan B sudah sama, maka simetri putar  yang  dicari  sudah  benar.  Langkah-langkah  tersebut dilakukan  lebih dari sekali dengan soal berbeda dan siswa bergantian  memperagakannya, semua siswa senang dan semangat untuk mencobanya.

Kegiatan  berikutnya  setelah  siswa  memahami  materi,  siswa  dibagi  menjadi   beberapa kelompok.  Masing-masing  kelompok  yang  terdiri  dari  4-5  siswa  mendapatkan  sepasang bangun  datar  dan  tali  serta  tiap  siswa  sudah  membawa  penggaris  busur.  Setelah  semua kelompok  siap, guru memberi  perintah  seperti  pada  langkah langkah-langkah di atas dan membacakan soal misalnya: “tentukan posisi  berikutnya  dengan  simetri  putar  900  searah jarum jam”. Mereka semua aktif dan saling membantu dalam menyelesaikan tugas kelompok, semua ingin menjadi kelompok terbaik dan paling cepat dalam menyelesaikan tugasnya. Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu, namun siswa masih sangat bersemangat dan terus meminta soal berikutnya.

Pada kegiatan akhir, guru mengajak siswa masuk ke   kelas   dan   membagikan   kertas   berpetak. Masing-masing siswa diberi tugas untuk membuat soal    sendiri    sesuai    keinginan   mereka   dan mengerjakan sendiri  soal yang sudah sibuatnya, selanjutnya   saling    tukar   dengan teman   satu kelompoknya untuk saling mencocokan. Di akhir pembelajaran  siswa  dengan  bangga  memajang hasil karyanya pada papan pajangan siswa. Guru memberi penghargaan serta pujian kepada siswa yang sudah menyelesaikan tugas dengan baik dan mengakhiri pembelajaran dengan salam penutup.

Penulis

Izurohman, S.Pd.SD 

Guru MI Gondang Wonopringgo Pekalongan





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama