Pekalongan, Jawa Tengah – Kelas 5 MI Gondang Wonopringgo hari ini Ahad 10 April 2016 sedikit berbeda, kegiatan KBM tidak seperti biasanya di dalam kelas saja, setelah salam dan mengabsen siswa, dengan penuh semangat dan rasa penasaran siswa diajak Pak Izurohman, S.Pd.SD salah satu guru Fasda PAKEM menuju ke ruang perpustakaan.
Siswa antusias memperhatikan alat-alat yang ditunjukkan guru, siswa bersama-sama membaca tujuan pembelajaran yang tertulis besar pada Slide dan guru sedikit memberi penjelasan tentang materi yang akan dipelajari, selanjutnya guru meminta bantuan beberapa siswa yang bersedia untuk memperagakan.
Pertama siswa diminta menentukan titik pusat dengan mengambil posisi ubin di tengah-tengah ruang perpustakaan. Kedua siswa diminta meletakkan bangun datar (A) di tempat mana saja yang mereka iginkan. Ketiga siswa diminta untuk meletakkan penggaris busur besar dengan titik pusat penggaris busur tepat di atas titik pusat yang ditentukan siswa pada langkah pertama. Keempat tarik tali rangkap dua dari titik pusat yang ditahan dengan paku ditarik sampai salah satu sudut bangun datar yang tadi sudah diletakkan pada langkah dua. Kelima putar penggaris busur supaya posisi 00 lurus dengan tali. Keenam geser salah satu tali sampai besar derajat sesuai dengan soal yang diminta guru. Ketujuh letakkan bangun datar kedua (B) yang sama dan sebangun pada posisi yang baru ditentukan. Kedelapan ukur dengan tali jarak sudut bangun datar satu persatu supaya jarak sudut bangun datar A sama dengan sudut bangun datar B. Jika pengukuran besar sudut dan jarak bangun datar A dan B sudah sama, maka simetri putar yang dicari sudah benar. Langkah-langkah tersebut dilakukan lebih dari sekali dengan soal berbeda dan siswa bergantian memperagakannya, semua siswa senang dan semangat untuk mencobanya.
Kegiatan berikutnya setelah siswa memahami materi, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa mendapatkan sepasang bangun datar dan tali serta tiap siswa sudah membawa penggaris busur. Setelah semua kelompok siap, guru memberi perintah seperti pada langkah langkah-langkah di atas dan membacakan soal misalnya: “tentukan posisi berikutnya dengan simetri putar 900 searah jarum jam”. Mereka semua aktif dan saling membantu dalam menyelesaikan tugas kelompok, semua ingin menjadi kelompok terbaik dan paling cepat dalam menyelesaikan tugasnya. Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu, namun siswa masih sangat bersemangat dan terus meminta soal berikutnya.
Pada kegiatan akhir, guru mengajak siswa masuk ke kelas dan membagikan kertas berpetak. Masing-masing siswa diberi tugas untuk membuat soal sendiri sesuai keinginan mereka dan mengerjakan sendiri soal yang sudah sibuatnya, selanjutnya saling tukar dengan teman satu kelompoknya untuk saling mencocokan. Di akhir pembelajaran siswa dengan bangga memajang hasil karyanya pada papan pajangan siswa. Guru memberi penghargaan serta pujian kepada siswa yang sudah menyelesaikan tugas dengan baik dan mengakhiri pembelajaran dengan salam penutup.
Penulis
Izurohman, S.Pd.SD
Guru MI Gondang Wonopringgo Pekalongan
إرسال تعليق